Penilaian dan Pelaporan

Penilaian adalah proses pengumpulan, pengaturan, pengkajian, pencatatan dan penggunaan sejumlah informasi yang diperoleh guru dari siswa untuk menilai prestasi, kinerja, pencapaian dan akhirnya mengkaji ulang  kebutuhan siswa. Kami melakukan penilaian terutama pada; kemampuan percaya diri dan kebiasaan kerja; kemampuan dan perkembangan sosial –emosional; kekuatan dan kelemahan dalam bidang studi; program mingguan, bulanan, jeda semester dan semester.

Siswa akan dicatat kemajuan belajarnya secara berkesinambungan oleh guru dengan menggunakan teknik penilaian yang tidak terbatas pada hasil test semata. Bentuk penilaian berupa test dipakai untuk mengukur asfek kognitif dan psikomotor, sedangkan NON TEST, dipakai untuk menguur asfek afektif. Untuk memperoleh data dan informasi sebagai dasar penentuan tingkat keberhasilan siswa dalam penguasaan kompetensi dasar diperlukan adanya bentuk tagihan. Setiap tagihan memrlukan seperangkat alat penilaan.

Bentuk Penilaan Antara Lain :

1.      Placement test; yaitu test penempatan pada awal pelajaran

2.      Diagnostic test; yaitu untuk mengetahuai kesulitan belajqra siswa termasuk kesalahan dalam pemahaman konsep

3.      Formatif; yaitu test yang dilakukan dalam bentuk kuis, pertanyaan lisan, ulangan harian sepanjang semester

4.      Sumatif; yaitu test yang dilaksanakan pada akhir semester/akhir tahun hasilnya diolah dan digunakan untuk menentukan keberhasilan belajar siswa

 

Berikut ini adalah berbagai bentuk pelaporan yang digunakan di SDIT AL-ARABI yang disesuaikan dengan kebutuhan jenjang pendidikan siswa

1.      Laporan Semester yang mencakup sisi perkembangan pengetahuan dan sikap

2.      Buku nilai (berupa RAPOR standar SDIT AL-ARABI)

3.      Profil kemampuan siswa dibidang tertentu

4.      Pelaporan lisan pada pertemuan resmi Guru & Orang tua tiap akhir semester

5.      Portofolio atau contoh hasil karya siswa dengan mata pelajaran terjadwal