Artikel

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan penuh berkah, di dalamnya Allah mengaruniakan keutamaan-keutamaan yang banyak, diantaranya : Allah turunkan pada bulan itu Al-Qur'an sebagai hidayah kepada manusia dan sebagai penyembuh (obat) kepada orang-orang yang beriman.

Allah عز وجلberfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِفَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ(البقرة : 185)

Artinya: bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. (QS.Al-Baqarah :185).

Di dalam bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu  bulan di sisi Allah, dan ketahuilah malam itu adalah Lailatul Qadr.

Allah berfirman :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Artinya : Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

(QS.Al-Qadr 1-5).

Di bulan ini pula diikat setan-setan , pintu-pintu Neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka,

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الجَنَّةِ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِينُ

Artinya: "Jika telah masuk waktu Ramadhan dibukalah pintu-pintu surga,dan pintu-pintu Neraka ditutup serta para setan diikat. (HR.Al-Bukhari 3277 dan Muslim 1079).

 

Diterjemahkan oleh Taufik Ismail dari  Mukhtashar Kitab Shifatu Shaumin Nabi fii Ramadhan – Syaikh Salim bin 'Ied Al-Hilali dan Syaikh 'Ali Hasan Al-Halaby hafizhahumallahu karya Majdi bin Abdil Wahhab Al-Ahmad,cet.Al-Maktabah Al-Islamiyyah- Yordania.



Pengirim : admin

Komentar :